Konsumsi 5 Sayuran Ini Saat Musim Hujan



Konsumsi 5 Sayuran Ini Saat Musim Hujan [ www.BlogApaAja.com ]

Musim hujan selain dingin juga membuat tubuhrentan terkena penyakit.

Untuk mencegah risiko tersebut, Anda harusmengonsumsi makanan bergizi dan kaya serat untuk meningkatkan sistem kekebalantubuh.

Lantas sayuran apa saja yang wajib Andakonsumsi selama musim hujan? Berikut penjelasannya.

Sawi



Sawi selain rendah kalori juga merupakan yang sangat baik dari vitamin B1, B2, B6, C, E, dan K, asam folat,kalsium, karoten, mangan, tembaga, magnesium, protein, potasium, dan zat besi.Karena kandungan antioksidannya yang tinggi, sayuran ini memiliki efek antikanker.

Tak hanya itu, sawi juga baik untuk mencegahpenyakit jantung dan menjaga kesehatan tulang. Kandungan seratnya yang tinggijuga dapat membantu melancarakan buang air besar. Dengan begitu Anda akanterhindar dari wasir dan sembelit.

Sementara, manfaat sawi bagi ibu hamil danperempuan menopause adalah dapat membantu mencegah arthritis (radang sendi),osteoporosis (pengeroposan tulang), anemia dan penyakit Alzheimer.

Lobak Putih



Selain rendah kalori dan bebas kolesterol,lobak putih juga mengandung natrium, protein vitamin C dan B-9, fosfor kalium,dan kalsium, serta magnesium. Sayuran ini, menurut pakar gizi, sangat membantudalam menjaga fungsi otot, saraf dan aliran darah, serta menjaga tulang dangigi yang kuat.

Lebih dari itu, lobak putih juga merupakan vitamin C yang membantu menjaga kesehatan kulit, pembuluh darah danligamen. Kandungan vitamin ini juga dapat membantu Anda mencegah flu, kankerdan penyakit jantung koroner.

Wortel



Wortel mengandung nutrisi seperti vitamin A,B, B2, B3, C, D, E, G, dan K, kalsium, besi dan fosfor. Berkat kandungangizinya yang tinggi dan beragam, sayuran ini dapat meningkatkan penglihatan danmencegah kebutaan lantaran mengandung karoten. Selain itu, wortel juga mampumencegah sekaligus melawan kanker, diabetes dan penyakit jantung.

Tak hanya mampu menangkal berbagai penyakit,wortel menurut para pakar gizi juga baik untuk menjaga kesehatan dan kecantikankulit, rambut dan kuku, serta melnacrakan menstruasi.

Manfaat lain dari wortel adalah mampumengatasi obesitas, penyakit gusi, radang ginjal, hati dan empedu, Alzheimer,dan masih banyak lagi.

Kacang Hijau



Kacang hijau merupakan yang baik darivitamin C, folates, pitosterol dan antioksidan. Selain itu, mengandung pulavitamin B kompleks seperti asam pantotenat, niasin, thiamin, dan mineralpyridoxine dan banyak seperti kalsium, zat besi, tembaga, seng, dan mangan.

Para ahli gizi mengatakan, bahwa kacang hijaubaik untuk menjaga berat badan lantaran tinggi serat dan rendah kalori.Pitosterol yang terkandung didalamnya juga dapat menurunkan kadar kolesteroljahat dalam tubuh.

Sementara, antioksidan flavonoid seperti karoten,lutein, zea-xanthin dan Vitamin A dapat melindungi sel-sel tubuh dari radikalbebas yang bisa memicu berbagai penyakit, juga mengurangi peradangan.

Brokoli



Sebuah studi menemukan, bahwa brokoli dapatmencegah kanker. Ini dikarenkan kandungan senyawa yang disebut glucoraphaninyang diolah menjadi sulforaphane, yaitu senyawa anti-kanker.

Selain itu, brokoli juga kaya vitamin C, seratdan indole-3-carbinol yang membantu dalam memperbaiki kerusakan sel danmenghentikan pertumbuhan sel-sel kanker.

Di antara keluarga brassica, brokolimengandung tingkat tertinggi karotenoid. Lutein karotenoid dapat membantumelawan penyakit jantung dan stroke, karena sayuran ini mampu mencegahpenebalan arteri.

Beta-karoten dalam brokoli, kata para ahligizi, mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh bersama dengan mineral, sepertiseng dan selenium.

Sementara kandungan kalsium dan vitamin K yangtinggi dalam brokoli berkhasiat untu menjaga kesehatan tulang dan mencegahosteoporosis.

Follow On Twitter